Pengertian Wattpad (Lengkap)

 Berbagi ilmu pengetahun dapat kita lakukan dengan banyak cara, seperti tulisan yang dilihat dan dibaca orang lain. Kedua hal tersebut membutuhkan satu sama lain. Bagi para author membutuhkan para pembaca, sedangkan para pembaca juga membutuhkan author untuk membaca artikel yang terbaru.

 Waktu dulu kita bisa membaca sebuah novel atau cerpen menggunakan media kertas, sekarang kita bisa baca melalui website atau aplikasi yang sudah hadir di handphone atau laptop. Seperti halnya Wattpad, sebuah aplikasi yang bisa digunakan oleh para penulis dan pembaca. Bagi kalian yang belum tau apa itu wattpad, simak artikel dari mimin dibawah.

Pengertian Wattpad (Lengkap)
Source: Pixabay


Pengertian Wattpad

 Wattpad adalah sebuah media digital yang bisa digunakan untuk menulis dan membaca tulisan. Para penulis memiliki peran penting dalam aplikasi ini, karena merekalah kita mempunyai bacaan bagi para pembaca. Bagi para penulis bisa membagikan tulisan yang sudah dia buat kepada jutaan pengguna, kita bisa melihat kemampuan diri pada fitur umpan balik yang disediakan oleh pemilik wattpad. Kita bisa memilih genre yang disukai seperti fiksi, puisi dan sastra.

 Pada peluncuran pertama, wattpad sudah menerbitkan lebih dari 15.000 ebook dan pada tahun ke tiga mencatat sebuah rekor download di angka 5 jua.


Cara daftar wattpad

  1. Kalian bisa membuka wattpad menggunakan website atau aplikasi yang bisa kalian download di playstore.
  2. Bagi para pengguna baru akan disambut dengan beberapa opsi yang bisa kalian pilih untuk mendaftar akun wattpad.
  3. Selesai mendaftar kalian bisa langsung login, pada menu home kalian akan melihat artikel yang direkomendasikan oleh wattpad dan kalian bisa memilih genre.


Fungsi Menu

Kalian akan melihat beberapa menu dibawah, saya menjelaskan dari paling kiri sampai kanan.

  • Menu home berfungsi untuk melihat artikel yang direkomendasikan dan genre yang telah kita pilih.
  • Menu pencarian digunakan untuk mencari judul artikel yang ingin dibaca, terdapat beberapa topik yang bisa kalian pilih untuk dibaca.
  • Sebuah ikon berupa susunan buku berfungsi menyimpan daftar bacaan yang sudah dibaca dan arsip.
  • Pada gambar pensil merupakan sebuah tempat yang digunakan oleh para penulis, dimenu tersebut penulis mempublikasikan artikel yang sudah dibuat mulai dari sampul, judul dan deskripsi tulisan. Penulis juga bisa melakukan sebuah perbaikan tulisannya di menu tersebut.
  • Kalian sudah tau lah ya kegunaan menu notifikasi tersebut. Ya, menu tersebuat berfungsi untuk memberitahukaan kita jika ada artikel baru dipublikasikan oleh author yang kita ikuti.


Kesimpulan

 Kita bisa memanfaatkan aplikasi wattpad yang cocok digunakan oleh para penulis dan pembaca yang menyukai tulisan cerpen, novel, fiksi, dan masih banyak lagi kategori yang bisa dipilih sesuai selera kalian.

Faizal Mustaufirin
Faizal Mustaufirin Seorang blogger yang mencoba berbagi sebuah pengalaman yang saya ketahui