Bapak Komputer (lengkap)

 Di era sekarang ini, cara kita bergantung pada smartphone untuk setiap hal baik itu tentang mendengarkan musik, bermain game, menulis konten, menonton video, dll. Semuanya adalah anugerah dari bapak komputer.

Bapak Komputer (lengkap)
Source: Pixabay

 Bapak komputer kami adalah Charles Babbage yang memodernisasi dunia kita dengan meningkatkan teknologi di bidang komputer. Dia benar-benar mengubah hidup kami dari yang sangat kompleks menjadi hidup yang sederhana. Dia menghadiahkan kami dengan teknologi tingkat tinggi, yaitu komputer sehingga dia diberi nama "Bapak Komputer" karena dialah yang menciptakannya.

Kehidupan awal Charles Babbage

 Ia lahir pada tanggal 26 Desember 1791 di Surrey, London. Ia belajar di Universitas Cambridge. Dia memiliki gelar "Bapak Komputasi" dan terkenal karena menciptakan konsep komputer yang dapat diprogram digital untuk pertama kalinya. Orang tuanya adalah Benjamin Babbage dan Elizabeth Pumleigh Teape. Dia adalah putra tertua mereka.

Kehidupan Pendidikan

 Ia belajar di sekolah terbaik, yaitu Exeter, Enfield, Totnes dan Oxford. Di Trinity, Dia memiliki banyak minat dalam matematika. Dan kemudian dia bergabung dengan Peterhouse di Universitas Cambridge pada tahun 1812. Dan di sana dia menjadi ahli matematika papan atas. Dia membentuk Masyarakat Analitik yang terdiri dari semua ilmuwan muda terkenal.

 Tetapi dia tidak lulus dari Universitas Cambridge dengan hormat karena beberapa perselisihan tentang tesisnya. Maka ia mendapat gelar tanpa ujian apapun pada tahun 1814. Setelah itu, ia segera menjadi dosen Astronomi di Royal Institution of Great Britain di London. Dia juga penerima persekutuan Kerajaan dari masyarakat ini pada tahun 1816 untuk meningkatkan Pengetahuan Alam.

Babbage dan penemuan besarnya di bidang komputer

 Babbage adalah seorang jenius matematika yang hebat. Pada tahun 1813, Babbage adalah orang pertama yang mendapatkan ide tentang pembuatan mesin yang efisien dalam penghitungan dan pencetakan tabel matematika yang sempurna tanpa kesalahan yang dinamai “Mesin Beda”. Dia adalah seorang ilmuwan, ekonom, ahli aritmatika, dan juga insinyur yang sangat terampil.

 Dia adalah sejenis penemu alami yang menciptakan produk teknologi baru sendiri tanpa bantuan siapa pun. Dia juga menemukan Engine berbasis konsep komputer tujuan umum pertama, yaitu Mesin Analitik yang berisi ALU (Arithmetic Logic Unit). Itu seperti komputer digital mekanis. Dalam hal ini, ia menggunakan prinsip proses matematika yang menggunakan metode penambahan persamaan polinomial dengan mesin sederhana.

Pemerintah Inggris memberikan penghargaan dan kesempatan

 Melihat penemuan besar Babbage, Pemerintah mulai menaruh minat pada karya-karyanya dan mendaftarkannya dalam beberapa proyek untuk dikerjakan. Dan mereka juga memberinya keuntungan uang untuk proyek-proyek ini. Awalnya, Pemerintah memberinya $ 1.700 untuk proyek pemodelan mesin multi-tasking yang dapat menghitung tabel matematika kompleks dalam waktu yang jauh lebih singkat dan juga murah. Tapi ini terbukti cukup mahal karena dia menggunakan bagian logam dalam pembuatan mesin ini.

 Jadi Difference Engine pengerjaan logam ini melampaui penilaian awal atau penilaian Pemerintah. Tetapi pada tahun 1832, Babbage akhirnya berhasil membuat model kerja murah dan terbaik yang mampu menghitung tabel matematika hanya sampai enam tempat desimal yang divisualisasikan oleh desain aslinya. Kemudian Babbage memulai dengan mesin hitung terprogram yang lebih kompleks, yaitu Mesin Analitik; yang sekarang menjadi bagian dari komputer dunia modern kita.

Kehormatan, Publikasi dan penemuan baru

 Dia adalah penerima Medali Emas dari Royal Astronomical Society. Dan terbitannya yang terkenal termasuk “Bagian dari kehidupan seorang filsuf”, “Refleksi tentang kemunduran sains di Inggris”. Penemuan lainnya juga termasuk:

  • Sebuah oftalmoskop, yaitu "kotak hitam",
  • Seismograf,
  • Sebuah altimeter, dan
  • Penangkap sapi.

 Dia juga bersusah payah memanfaatkan gerakan pasang surut lautan untuk menghasilkan tenaga yang sekarang menjadi sumber energi terbarukan baru di dunia saat ini.

Kehidupan pribadi Babbage

 Ia menikah dengan Georgiana Whitemore pada tanggal 2 Juli 1814. Mereka melahirkan 8 anak dan hanya tiga yang dapat bertahan hidup. Nama mereka adalah Dugald, Benjamin dan Henry. Setelah sekitar satu tahun, hidupnya dilanda tragedi. Ayahnya, kedua putranya serta istrinya; mereka semua meninggal pada tahun 1828. Kemudian dia pergi ke Eropa untuk suatu perjalanan. Dan ketika putrinya juga meninggal, dia memutuskan untuk menyibukkan dirinya dengan pekerjaannya dengan dedikasi penuh tanpa gangguan.

 Dia meninggal pada 18 Oktober 1871 ketika dia berusia 79 tahun. Jenazah terakhirnya ada di Pemakaman Kensal Green London. Namun hingga saat ini, sebagian dari otaknya disimpan di Museum Hunterian di Royal College of Surgeons of London dan sisanya disimpan untuk dipajang di Science Museum London.

Faizal Mustaufirin
Faizal Mustaufirin Seorang blogger yang mencoba berbagi sebuah pengalaman yang saya ketahui