Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di Hp Xiaomi

 Penyimpanan Xiaomi penuh atau hampir penuh? Kadang kita bingung apa yang kita lakukan saat penyimpanan penuh. Sekarang kalian tidak perlu bingung, karena mimin akan berikan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di Hp Xiaomi
Source: Pixabay

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di Hp Xiaomi

1. Menghapus Cache

 Metode ini berfungsi untuk semua smartphone Android karena cache adalah sesuatu yang memakan banyak ruang dan membutuhkan pembersihan manual dalam banyak kasus. Anda tidak akan kehilangan data apa pun saat mengosongkan cache dan dapat menghemat banyak memori dengan melakukannya. Berikut langkah-langkah untuk membersihkan cache pada MIUI 9.

Buka Pengaturan> Penyimpanan> Data cache. Setelah Anda mengetuk data cache, itu akan membuka pop-up, meminta Anda untuk menghapusnya. Konfirmasikan dan cache Anda akan dibebaskan. Selain itu, karena ini harus dilakukan secara manual, Anda dapat menghapus cache kapan pun ada penyimpanan yang terisi di ponsel Anda.

2. Aplikasi MIUI 9 Cleaner

Anda memiliki aplikasi khusus oleh Xiaomi untuk membuang file dan data yang tidak perlu di perangkat Anda. Aplikasi Pembersih terintegrasi sebagai bagian dari aplikasi Keamanan dan memungkinkan Anda menghapus file yang tidak mengakibatkan hilangnya data. Anda bisa melakukannya sebagai berikut.

Buka Keamanan> Pembersih. Dari sini, Anda akan melihat tombol 'bersihkan' di bagian bawah layar. Tombol tersebut juga memberi tahu berapa banyak file yang tidak perlu ada di setiap aplikasi. Dengan satu ketukan pada tombol, Anda dapat menghapus file-file ini dan mengosongkan penyimpanan.

3. Deep Clean menggunakan Cleaner

Trik MIUI 9 lainnya menggunakan aplikasi pembersih. Jika perangkat Anda memiliki beberapa aplikasi yang tidak digunakan yang menghabiskan penyimpanan, Anda dapat menggunakan proses ini untuk membersihkannya. Cukup buka Keamanan> Pembersih. Di sini Anda akan melihat tombol Deep Clean di sisi kanan atas layar. Ketuk untuk melihat aplikasi yang jarang Anda gunakan.

Setelah mengetuk 'Hapus Sekarang', aplikasi yang Anda pilih akan dicopot dari perangkat Xiaomi Anda. Ini pasti akan menghasilkan lebih banyak ruang kosong di ponsel Anda.

4. Menggunakan Mi Cloud

Mi Cloud adalah ruang penyimpanan cloud yang Anda dapatkan dengan smartphone Xiaomi Anda. Dengan menggunakan ruang ini, Anda dapat menyimpan semua foto dan video Anda di awan, mencegahnya mengisi ruang penyimpanan di ponsel Anda.

Untuk melakukan ini, buka Foto dan ketuk menu tiga titik di sisi kanan atas layar. Buka pengaturan dan atur mode cadangan dan ketersediaan offline pilihan Anda. Dengan cara ini, foto dan video Anda tetap aman di cloud sementara penyimpanan ponsel Anda tidak penuh.

5. Kartu MicroSD untuk menyelamatkan

Penyimpanan internal bisa menjadi masalah terutama pada perangkat level awal. Namun, ponsel Xiaomi hadir dengan slot kartu microSD yang sebagian besar berfungsi ganda sebagai slot SIM kedua. Jika Anda tidak menggunakan Dual SIM di ponsel Xiaomi Anda, maka Anda dapat menggunakan kartu microSD di perangkat.

Setelah memasukkan kartu microSD, Anda dapat mengaturnya sebagai penyimpanan default untuk video dan foto, membebaskan penyimpanan internal untuk aplikasi saja. Sejauh menyangkut konten media dari WhatsApp, Anda juga dapat memindahkannya secara manual ke penyimpanan eksternal.

Kesimpulan

Kalian gunakan saat penyimpanan atau memori kalian penuh dan hampir penuh. Mungkin itu saja yang dapat mimin sampaikan, terimakasih sudah berkunjung.

Faizal Mustaufirin
Faizal Mustaufirin Seorang blogger yang mencoba berbagi sebuah pengalaman yang saya ketahui