AI Facebook Dapat Langsung Menerjemahkan 100 Bahasa Apapun

 Selamat datang di Teknologi Bondowoso, kita pasti sudah tidak asing dengan sosial media yang bernama facebook. Facebook adalah salah satu alat untuk berkomunikasi dengan keluarga dan juga sahabat.

AI Facebook dapat langsung menerjemahkan 100 bahasa apapun
Source:Pixabay

AI Facebook dapat langsung menerjemahkan 100 bahasa apapun

 Facebook telah mengembangkan kecerdasan buatan yang mampu menerjemahkan secara akurat antara 100 bahasa apa pun tanpa mengandalkan penerjemahan pertama ke bahasa Indonesia, seperti yang dilakukan banyak sistem yang ada.

 Sistem Facebook dilatih pada kumpulan data yang terdiri dari 7,5 miliar pasangan kalimat yang dikumpulkan dari web dalam 100 bahasa, meskipun tidak semua bahasa memiliki jumlah pasangan kalimat yang sama. “Yang saya benar-benar tertarik adalah memotong bahasa Inggris sebagai perantara. Secara global, ada banyak wilayah di mana mereka menggunakan dua bahasa selain bahasa Inggris, "kata Angela Fan dari Facebook AI, yang memimpin penelitian ini.

 Model ini dilatih dengan berfokus pada bahasa yang biasanya diterjemahkan ke dan dari satu sama lain, mengelompokkan bahasa ke dalam 14 koleksi terpisah berdasarkan kesamaan geografi dan budaya. Ini dilakukan untuk memastikan terjemahan berkualitas tinggi dari koneksi yang lebih umum digunakan, dan untuk melatih model dengan lebih akurat.

 Untuk beberapa pasangan bahasa, sistem baru menunjukkan peningkatan yang signifikan atas kualitas terjemahan yang ada. Misalnya, menerjemahkan dari bahasa Spanyol ke Portugis sangat kuat karena bahasa Spanyol adalah bahasa pertama yang paling banyak digunakan kedua di dunia, yang berarti para peneliti memiliki akses ke sejumlah besar data pelatihan. Terjemahan antara bahasa Inggris dan Belarusia juga meningkat dibandingkan upaya yang ada karena AI belajar dari penerjemahan bahasa Rusia, yang memiliki kesamaan dengan Belarusia.

 Walaupun fitur ini masih belum di gunakan di sosial media, facebook berencana akan segera mengoperasikannya untuk menangani terjemahan yang di posting setiap hari saat orang menakan "terjemah" pada tulisan yang di posting lebih dari 100 bahasa.

 Karya tersebut “melepaskan diri dari model yang berpusat pada bahasa Inggris dan mencoba membangun model multibahasa yang lebih beragam”, kata Sheila Castilho dari ADAPT Centre di Dublin City University, Irlandia. “Itu menyegarkan.” Tapi, kata Castilho, penilaian manusia hanya melihat sebagian kecil contoh, sehingga sulit untuk mengetahui apakah ini adalah penilaian yang akurat tentang bagaimana kinerja AI.

 Ia juga khawatir evaluasi dilakukan oleh relawan bilingual, bukan penerjemah profesional. “Non-profesional kurang memiliki pengetahuan tentang terjemahan sehingga mungkin tidak melihat perbedaan halus yang membuat satu terjemahan lebih baik dari yang lain,” katanya.

 Rekannya di ADAPT Center, Andy Way, menyarankan agar Facebook tidak membuat perbandingan yang adil dengan sistem terjemahan yang canggih. "Klaim mereka untuk memiliki peningkatan yang besar dibandingkan model 'bahasa Inggris-sentris' agak kosong, karena sebagian besar waktu, orang tidak melakukan ini lagi," katanya. Facebook tidak setuju, mengatakan terjemahan melalui bahasa Inggris masih lumrah.

Kesimpulan

 AI Facebook dapat langsung menerjemahkan 100 bahasa apapun, dengan begitu kita lebih mudah memahami postingan di facebook dengan bermacam bahasa. Terimakasih sudah berkunjung.

Faizal Mustaufirin
Faizal Mustaufirin Seorang blogger yang mencoba berbagi sebuah pengalaman yang saya ketahui