Cara Mendapatkan Kuota Belajar

 Kalian sudah tau belum cara mendapatkan kuota belajar? Supaya kalian gak bingung, ini ada cara untuk mendapatkan kuota belajar.


Cara Mendapatkan Kuota Belajar



 Ada kabar baik nih buat kalian yang masih berstatus pelajar, kalian akan mendapatkan kuota internet gratis yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi, para pelajar sekarang tidak usah khawatir dengan masalah kuota internet karena menteri Pendidikan sudah memberikan bantuan kepada pelajar yang berupa kuota internet. Selama masa pandemi covid 19 terkadang para pelajar memiliki keluhan dalam proses belajar daring atau online, yaitu terbatasnya kuota internet yang dimiliki oleh pelajar.


 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan kuota internet kepada para pelajar dan guru selama masa pandemi ini.


 Kuota gratis dari Kemendikbud ini mendukung para pelajar selama pandemi, untuk melaksanakan proses belajar daring atau belajar online. Kuota tersebut hanya bisa digunakan untuk belajar seperti mengakses google classroom, ilmupedia, google meet, dan ratusan e-learning untuk sekolah dan kampus. Kuota belajar tidak bisa digunakan untuk sosial media seperti facebook, whatsapp, instagram, youtobe, dan aplikasi sosial media lainnya.


 Program ini akan berlangsung selama 4 bulan mulai dari bulan september sampai bulan desember 2020. Untuk cara mendapatkannya, kalian simak penjelasan dibawah ini.


Cara Mendapatkan Kuota Belajar

 Setiap guru harus mengumpulkan dan mendata nomor telepon para pelajar, nomor tersebut akan diisikan kuota belajar dari kemendikbud. Setelah guru selesai mendata nomor telepon milik siswa, selanjutnya data tersebut akan dikirim melalui aplikasi dapodik oleh pihak sekolah. Sedangkan untuk mahasiswa hanya diharuskan menyiapkan nomor telepon yang aktif, karena mahasiswa sudah mendapatkan surat edaran dari kemendikbud untuk memutahirkan nomor telepon para mahasiswa.


 Bagi para pelajar yang belum menerima kuota internet gratis ini akan dibuka tahapan selanjutnya. Dengan adanya program ini, kemendikbud mengharapkan orang tua para pelajar membimbing dan mengawasi anak mereka selama proses belajar daring atau online.


 Nomor yang di daftarkan oleh pelajar diperbolehkan untuk menggunakan nomor telepon orang tua mereka, karena masih ada beberapa pelajar yang belum mempunyai handphone dan menggunakan nomor orang tua mereka.


Kesimpulan

Pelajar hanya tinggal menyerahkan nomor telepon kepada pihak sekolah untuk didata dan di input ke aplikasi dapodik.

Faizal Mustaufirin
Faizal Mustaufirin Seorang blogger yang mencoba berbagi sebuah pengalaman yang saya ketahui